Selasa, 10 Januari 2012

TERIMA KASIH ADIK KECIL

Goresan Temand

Ketika aku akan berangkat memulai perjalananku sejenak ku tersentak melihat kelakuan dua orang anak kecil. Aku tidak tau namanya tapi dia telah memberikan pelajaran yang sangat berharga padaku.

Hari itu. Entah kenapa? kedua anak kecil itu tingkahnya menarik perhatianku. Yang satu sibuk dengan tongkat yang cukup panjang berdiri di lantai dua rumahnya sedang berusaha mengmbil baju yang diterbangkan angin tapi sayang tongkat tersebut tidak bisa menjakau baju yang terbang tersebut. Yang satunya lagi dengan setia dan gembira menunggu baju itu jatuh dari atas atap namun setelah sekian lama baju itu tak kunjung jua jatuh.

Tanpa pikir panjang anak yang kedua mencari sebuah tongkat yang cukup panjang juga untuk menjangkau baju itu dari atas atap. tapi apa hendak dikata, baju itu tak terjang kau oleh tongkat itu. berbagai upaya telah dilakukan namun hanya kegagalan yang dia hadapi.

Tanpa patah semangat, anak kedua lalu mengambil sebua kursi dan selanjutnya menaiki kursi tersebut. dengan bermodalkan kursi dan sibilah tongkat baju itupun dapat diraihnya.

Kisah sederhana yang kemudian membuat ku berfikir dan belajar dari kelakuan anak itu. dengan sabar dan senyum dia hadapi cobaan itu. dengan kerjasama dia lewati rintangan itu. dengan berfikir dan bekerja diselesaikan ujian itu dengan baik.

Anak kecil itu telah mengajarkanku bahwa apapun masalah yang dihadapi, hadapilah dengan senyum, semangat, kerja keras dan bersatulah. Karena orang yang lari dari masalah  berarti dia telah kehilangan kesempatan tuk belajar dan mengambil hikmah dalam menyelesaikan tantangan hidup berikutnya. Andai saja saat itu aku bantu mereka, mungkin aku tlah membunuh semangat dan kreatifitasnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara berkomentar:
1. Tulis komentar di kotak yang tersedia.
2. Pada Beri komentar sebagai:, pilih Name/URL.
3. Tulis nama Anda dan alamat website/blog (kalau ada)-> klik Lanjutkan
4. Klik Poskan Komentar
5. Selesai